semua artikel mantap

Cara mudah optimasi Meta Tag Di Blog

Cara mudah optimasi Meta Tag Di Blog - Meta Tag memiliki nilai yang penting dalam proses seo di blog anda. Di awal optimasi, saya menambahkan meta tag untuk blog saya sendiri. Apakah Anda tahu mengapa? Hal ini karena saya menutamakan struktur metadata. Mari kita bicara tentang crawler atau mesin pencari. Bagaimana mereka bisa mengetahui informasi yang tepat pada halaman blog atau web? Rupanya mereka memerlukan petunjuk untuk identifikasi yang tepat. Meta tag membantu mesin pencari untuk menemukan data-data yang berada diblog anda.

Sudah pasti bahwa membantu mesin pencari akan membantu meningkatkan peringkat Anda. Jadi, meta tag yang sangat direkomendasikan dalam segala macam bentuk seo pada blog atau website. Di wordpress, Anda tidak perlu berpikir banyak tentang hal itu. Karena pluging diwordpress dapat menangani semua masalah meta tag anda. Tapi di Blogger, Anda harus benar-benar memperhatikan tentang meta tag.

Cara mudah optimasi Meta Tag Di Blog
Cara optimasi Meta Tag Di Blog
Karena blog tidak memiliki fitur built-in untuk menambahkan semua metadata secara otomatis. Pada kenyataannya, blogger tidak begitu dioptimalkan seperti wordpress karena gaya lama coding HTML dan CSS nya. Jadi kita harus bekerja lebih keras dibandingkan wordpress untuk menambahkan meta tag. Jadi, inilah daftar yang akan saya bahas di artikel ini :


  1. Cara mengoptimalkan titlel tag
  2. Cara menambah Meta Description Tag diblog
  3. Cara menambah fungsi Meta Tag di blog

Cara Mudah MengotimalkanTitle tag


Title tag adalah Judul blog yang berada di blog anda,biasanya berada di antara <title>dan</title> .
Untuk menetapkan title tag di blog Anda, Anda harus masuk dulu ke  Dashboard > pengaturan > Title

Bukankah begitu mudah? Tapi masalahnya adalah, title blog akan terlihat di depan judul blog anda. Namun, saat anda membuat pos, judul blog akan tampil dan tidak beraturan. Itu akan terlihat aneh. Nah untuk mengatasi masalah-masalah diatas yang harus anda lakukan adalah :

Pergi ke Dashboard > Template > Edit HTML.

Kemudian carilah kode dibawah ini :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Jika anda sudah menemukan kode diatasa, maka gantilah kode diatas dengan kode dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Namun, jika Anda ingin menunjukkan title blog  Anda setelah title postingan, Anda harus menggunakan kode ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>

Simpan template.dan Sekarang masalah dapat diselesaikan.

Perhatian: Harap backup template Anda sebelum pengeditan. Itu akan melindungi template Anda untuk masalah yang tidak diinginkan.

Cara Menambahkan Tag Meta Deskripsi

Blogger memiliki pengaturan untuk selalu menambahkan deskripsi disetiap postingan ataupun di blog anda. Jadi Anda hanya perlu untuk mengaktifkannya. Ikuti langkah-langkah berikut :

Pergi ke Dashboard > pengaturan > Deskripsi.

Tuliskan deskripsi yang anda pilihan untuk blog anda.
Kami telah menambahkan meta description untuk halaman utama blog. Tapi bagaimana kita bisa menambahkan untuk postingan? Ya, Blogger juga memiliki meta dekripsi dipostingan. Tetapi Anda akan dapat menentukan Deskripsi untuk posting, setelah Anda mengaktifkan keterangan untuk dekripsi utama blog. Jika Anda telah mengaktifkan, kemudian ikuti langkah berikut:

Pergi ke Dashboard > posting.

Klik edit untuk salah satu posting Anda atau bisa juga membuat yang baru.
Dari sidebar kanan editor, klik Cari keterangan dan menentukan satu kustom Anda.
Memperbarui atau mempublikasikan posting tersebut.
Bagaimana cara menambahkan lebih lanjut yang di perlukan untuk optimasi Meta Tag. Anda bisa saja menempatkan banyak tag. Tapi itu malah akan blog anda dianggap sebagai spammer. Maka langkah yang benar anda harus menambah meta tag yang singkat namun mewakili semua tentang blog anda. Anda juga dapat menambahkan kode di bawah ini untuk lebih mudah optimasi tag.

Pertama pergi ke Dashboard > Template > Edit HTML.
Antara <head> dan </head>, tempatkan kode berikut:

<meta name='author' content='author's name'/>
<meta name='email' content='author's email'/>
<meta name='language' content='author's language'/>
<meta name='country' content='author's country'/>
<meta name='generator' content='blogger'/>
<meta name='robots' content='noodp,noydir'/>

Simpan template.

Perhatian: Lagi, mohon backup template Anda terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini. Dan jangan lupa untuk menempatkan informasi Anda sendiri di kode yang asaya tandai merah yang ditandai.

Dalam posting ini, saya telah mencoba untuk menjelaskan bagaimana kita harus benar-benar memperhatikan meta Tag tersebut untuk blog baru. Saya pikir, ini adalah cara yang benar. Masih ada banyak tag yang harus kita gunakan bi dalam blog. Tetapi saya tidak membahas semua, tapi saya akan membahas spesifik tentang keuntungan seo meta tags.

Sekian artikel dari saya, semoga dengan artikel di atas anda bisa mengatasi masalah-masalah yang ada diblog anda. Anda mungkin bertanya mengapa saya tidak menyarankan untuk meta keywords. Kemudian saya akan mengatakan, bahwa tidak ada gunanya bagi Google SEO. Google membuat pengumuman bahwa mereka berhenti menggunakan kata kunci tag untuk peringkat. Masih ada sejumlah search engine menggunakan ini. Tetapi kita semua terutama tergantung pada Google. Pada kenyataannya, sekarang Tag ini dapat membantu Google untuk mengidentifikasikan spam kata kunci.


Tag : seo-blog
0 Komentar untuk "Cara mudah optimasi Meta Tag Di Blog"

Back To Top